umy optimalisasikan sdm

 

 

  Humas, 11 Agustus 2015

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menyelenggarakan Rapat Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2015 pada Selasa, (11/08) di Gedung AR. Fachruddin lt. 5. Rapat Kerja Tahunan ini diselenggarakan dengan maksud untuk menyusun Rencana Operasional (RENOP) Tahun Akademik 2015/2016, yang mengusung tema “Peningkatan Kultur Akademik dan Kerjasama melalui Optimalisasi SDM & Sistem Informasi untuk Mewujudkan Akreditasi menuju AIPT –A”.Pengusungan tema ini telah didiskusikan sebelumnya pada Pra RKT I dan II. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dr. Bambang Jatmiko, SE., Msi saat bertindak sebagai moderator. “Tema ini telah didiskusikan 2 kali, yaitu pada diskusi pada tanggal 31 Juli, dan pada 8 Agustus pada saat pra RKT I dan II,” ungkap dosen Akuntansi tersebut.

Pada RKT 2015 yang diikuti oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Prodi, serta perwakilan dari berbagai unit-unit di lingkungan UMY ini bertujuan untuk mensosialisasi Rencana Strategi (Renstra) UMY 2015-2020, Memaparkan Hasil Asesmen yang meliputi Evaluasi Kinerja Unit Kerja (LKUK), Audit Mutu Non Akademik Internal (AMNAI), dan Monev Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Selain itu pada RKT ini juga membahas pelaporan Hasil Unit Bisnis UMY, Menyusun Arah Kebijakan Universitas (AKU) UMY Tahun Akademik 2015/2016, menetapkan Prioritas Program per-Bidang, sinkronisasi dan penyampaian informasi tentang pedoman APB UMY, Platfon Anggaran Unit Kerja, serta penetapan program kerja UMY tahun akademik 2015-2016.

Untuk mewujudkan UMY dalam peningkatan kultur akademik , optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM), serta peningkatan sistem informasi menuju Akademi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang berakreditasi A, sejumlah prodi dituntut pula untuk berakreditasi A. Dalam mewujudkannya, tentu tidak terlepas dari dukungan semua jajaran untuk mendukung penuh. Seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Bambang Cipto., MA dalam sambutannya.“Terselenggaranya AIPT tinggal 2 tahun lagi, karena itu kami meminta bagi semua jajaran untuk mendukung sepenuhnya,” ungkap rektor UMY tersebut.

Hal serupa dikatakan pula oleh kepala Badan Pembina Harian (BPH), Prof. Dr. Syamsul Anwar., MA.Ia mengungkapkan, bahwa untuk mewujudkan AIPT UMY berakreditasi A, diperlukan peningkatan kinerja dan komitmen, supaya dapat mempertahankan akreditasi A di masa yang akan datang. Prof. Syamsul juga mengungkapkan, UMY saat ini terus berkembang dan menjadi salah satu pilihan utama masyarakat, yang dibuktikan dengan peminat dari tahun ke tahun semakin tinggi.Selain itu UMY juga memberikan bekal kepada mahasiswanya dalam membaca al-qur’an.“UMY dengan tagline Unggul dan Islami, diharapkan lulusan UMY pintar dalam pengkajian Islam dan membaca al-qur’an dengan baik.BPH juga akan men-CD kan bagi mahasiswa UMY yang memiliki kemampuan membaca Al-qur’an secara qori’, bisa juga lewat sosmed youtube.Karena hal ini bisa menjadi jembatan antara UMY dengan masyarakat,” ungkapnya.

RKT yang dilaksanakan selama 2 hari, sejak 11 hingga 12 Agustus 2015 ini diharapkan dapat menghasilkan program untuk memajukan UMY yang lebih unggul hingga UMY benar-benar dipandang baik oleh masyarakat nasional dan bahkan Internasional. Dan untuk mewujudkannya, diperlukan niat.“UMY maju karena kesejahteraan kita maju.Kuncinya ada pada niat, jika ada niat baik, Allah akan memberikan jalan,” tutup Prof. Syamsul.

Di dalam RKT ini juga disampaikan performa terbaik dari unit kerja dan supporting unit oleh ketua Badan Penjaminan Mutu. Pada Kali ini penghargaan untuk unit kerja terbaik berturut turut adalah Prodi Ilmu Hukum,Magister Keperawatan dan Komunikasi Penyiraan Islam , sedangkan untuk supporting unit adalah Perpustakaan, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Biro Humas dan Protokoler.