Setelah meraih kesuksesan dalam penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia pada tahun 2015, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) pada tahun 2018 yang berlangsung pada tanggal 10-13 Juli 2018. Kontes Robot Indonesia ini diikuti 91 tim dari 48 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia, yang telah lolos dalam KRI tingkat Regional 2018.

Bagus Soebandono S.T M.Eng selaku Koordinator Tim Lapangan KRI 2018  menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bagi UMY bisa kembali diamanahi menjadi tuan rumah dalam KRI 2018 oleh Kemenristekdikti. “Setelah mendapatkan mandat dari dikti kami langsung intens berkordinasi terkait berbagai aspek persiapan. Baik dari segi ketebalan, luas lapangan, lebar, dan bahan yang berkualitas bagus” paparnya.

Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Dr. Didin Wahidin, M.Pd menyampaikan bahwa KRI 2018 ini merupakan kompetisi bergengsi tingkat nasional karena robot yang ditampilkan merupakan murni hasil karya anak-anak bangsa. “Semua tim telah berupaya menampilkan yang terbaik saat pertandingan. Saya sangat terharu dan mengapresiasi penuh usaha para peserta maupun dosen pembimbing.” paparnya.

Pada Jum’at malam (13/7) di Gedung Sportorium UMY, Kontes Robot Indonesia 2018 resmi ditutup, Dr. Didin Wahidin, M.Pd menambahkan bahwa epnutupan KRI 2018 ini bukan akhir dari segalanya, akan tetapi menjadi awal untuk terus mengupagrade dan mengembangkan robot secara terus menerus.

Adapun berita lebih lengkap tentang pertandingan Kontes Robot Indonesia, bisa di akses di http://www.umy.ac.id/tag/kontes-robot-indonesia .