Pada tanggal 20 Oktober 2017, rombongan mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia (UPM) melakukan Student Mobility ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan Student Mobility ini diorganisir oleh Universiti Putra Malaysia (UPM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Kegiatan Student Mobility ini berlangsung dari tanggal 14-25 Oktober 2017, Sebelum berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, rombongan mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia ini juga telah melakukan Student Mobility ke Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 14-19 Oktober 2017.

Setelah selesai melakukan Student Mobility di UMS, rombongan mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia ini segera berangkat ke Yogyakarta didampingi oleh beberapa staff dan dosen UMS. Setibanya di UMY, rombongan mahasiswa, dosen serta beberapa staff dari UMS ini langsung disambut oleh rekan-rekan mahasiswa UMY, staff serta Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Kemahasiswaan Bapak Ir. Aris Widyo Nugroho, M.T Ph.D di ruang Stadium General Fakultas Teknik UMY.

Setibanya rombongan mahasiswa UPM di UMY, acara pembukaan Student Mobility di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pun dengan resmi dimulai. Pembukaan ini juga menjadi agenda serah terima rombongan mahasiswa UPM dari Universitas Muhammadiyah Surakarta kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam acara Opening Ceremony di Stadium General Fakultas Teknik UMY, Bapak Ir. Aris Widyo Nugroho, M.T Ph.D memberikan prakata bahwa dengan diadakannya program ini, diharapkan agar perwakilan mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia dan mahasiswa Muhammadiyah Yogyakarta dapat belajar serta bertukar pikiran antar mahasiswa.

Nazmi B. Mizan sebagai Presiden atau ketua dari rombongan mahasiswa UPM ini juga mengucapkan banyak terimakasih telah diterima dan diberikan kesempatan untuk melakukan Student Mobility baik di UMY dan UMS, dan berharap dapat belajar lebih banyak di bidang organisasi, pendidikan dan juga budaya antar negara.