Workshop Teknik Penyusunan Spesifikasi Paten

Desember 16, 2017 oleh : admin

            Divisi Inovasi dan Produk Unggulan LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Paten dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di ruang Stadium General (SG) Gedung F3 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Pada hari Kamis, tanggal 14 Desember 2017 pukul 08.30-14.30 WIB. Kegitan ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan Program Studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, baik kepala-kepala pusat studi, ketua program studi serta dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

            Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi, sesi pertama berlangsung pada pukul 08.30-11.30 dengan narasumber Sigit Purwanto dan sesi kedua berlangsung pada pukul 13.00-15.00 dengan narasumber Dr. Budi Agus Riswandi SH M.Hum. Pada sesi ketua Dr. Budi yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia (ASKII) menjelaskan tentang teknik penyusunan spesifikasi paten, meliputi penjelasan tentang permohonan paten, spesifikasi hak paten, pentingnya penulisan spesifikasi, persyaratan fisik spesifikasi serta detail-detail spesifikasi

            Budi Agus selaku narasumber juga menginformasikan bahwa sekarang telah ada Asosiasi Sentra Kekayaan Intekletual Indonesia. Budi Agus Riswandi juga menjelaskan bahwasanya research atau penelitian pada umumnya terbagi menjadi 3, yang pertama adalah hasil penelitian dapat difokuskan untuk publikasi internasional, yang kedua hasil penelitian dapat diaplikasikan ke masyarakat luas atau hasil penelitian dapat difokuskan baik untuk publikasi internasional dan juga diaplikasikan ke masyarakat luas.

            Untuk fokus penelitian yang ketiga yaitu hasil penelitian untuk publikasi internasional serta penelitian untuk di aplikasikan di masyarakat, para peneliti dapat mendaftarkan atau menghubungi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia, dimana asosiasi tersebut dapat membantu para peneliti untuk mengimplementasikannya. Setelah memaparkan materi yang cukup menarik, narasumber Budi Agus Riswandi juga memberikan contoh tentang pembuatan abstrak serta tahap-tahapan penyusunan spesifikasi.