MoU UMY dan LIPI

Dekan FT (kanan) bersama Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI (kiri) menandatangani MoU Kerjasama

Fakultas Teknik kembali mengembangkan kerjasama di bidang penelitian dalam upaya meningkatkan minat mahasiswa mengembangkan penelitian bidang keteknikan dengan menjalin kerjasama bersama Lembaga  Ilmu Pengetahuan Indonesia. Penandatanganan MoU kerjasama ini dilaksanakan pada Selasa (12/04) di Ruang Stadium General Fakultas Teknik UMY. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh kepala pusal penelitian Fisika, LIPI, Dr. Bambang Widyatmoko, dan Dekan Fakultas Teknik, Jazaul Ikhsan, Ph.D.

Pada kegiatan ini Dr. Bambang Widyatmoko  menyampaikan secara ringkas profil Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, khususnya Pusat Penelitian Fisika. Beliau menambahkan bahwa dengan diadakannya kerjasama ini LIPI menerima dengan sangat terbuka mahasiswa Fakultas Teknik UMY untuk melakukan kerja praktek dan penelitian tugas akhir di pusat penelitian Fisika, LIPI yang bertempat di Serpong. Kerjasama ini melingkupi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang fisika: teori, laser, instrumentasi dan optoelektronik, geofisika dan material; pertukaran tenaga ahli; tukar menukar dan pemanfaatan data serta informasi; pertemuan ilimiah, seminar dan publikasi; dukungan pembinaan mitra UKM sebagai implementasi teknologi tepat guna; dan kegiatan lainnya.

Dengan adanya kerjasama ini, Dekan Fakultas Teknik UMY, Jazaul Ikhsan Ph.D., mengharapkan akan membantu mahasiswa mengembangkan ide-ide penelitian serta membuka peluang bagi Fakultas Teknik untuk menjadi Fakultas Teknik yang menghasilkan lulusan-lulusan unggul baik sebagai akademisi maupun peneliti.  Setelah penandatanganan MoU tersebut dilanjutkan dengan Kuliah Umum tentang “Perlakuan Permukaan untuk Pencegahan Korosi Lingkungan Suhu Tinggi”. (Anya)