Sebagai upaya mencapai visi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang Unggul dalam mengembangkan teknologi dan inovasi yang berorientasi global berdasarkan nilai-nilai keislaman untuk kemaslahatan umat, Fakultas Teknik kembali mengadakan Academic Discussion dengan University of Malaya, Malaysia pada Kamis (8/11) di Ruang Sidang Fakultas Tekni Gedung Siti Walidah F3 lt. 2. Acara ini dihadiri oleh pimpinan dekanat dan beberapa dosen Teknik Mesin Universitaas Muhammadiyah Yogyakarta dan beberapa dosen University of Malaya yang didampingi oleh Staff Project Manager Department Mechanical Engineering University of Malaya.

Academic Discussion disambut hangat oleh Bapak Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D. selaku dekan Fakultas Teknik. Beliau menyampaikan dengan diadakannya Academic Discussion ini diharapkan kedepannya dapat terjalin MoU (Memorndum of Understanding) antara Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan University of Malaya, Malaysia. Tidak hanya kegiatan yang mencakup mahasiswa akan tetapi juga bisa kerjasama dalam bentuk Research Collaboration antara dosen, imbuhnya. Dalam kesempatan yang sama, Bapak Berlie Paripurna K, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Teknik Mesin juga menyampaikan bahwa acara ini akan memberikan keuntungan yang positif bagi kedua universitas karena dengan adanya International Collaboration antara dosen dan mahasiswa akan menjadi pembelajaran dan ilmu baru khususnya yang diperoleh kedua universitas tersebut.

Associate Prof. Dr. Hendrik Simon Cornelis Metselaar dari Department of Mechanical Engineering, University of Malaya, Malaysia juga melakukan presentasi terkait rencana kegiatan Academic Discussion salah satunya yaitu Student Mobility Program di University of Malaya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan internasionalisasi universitas antara kedua perguruan tinggi tersebut dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan. Di Akhir kegiatan Academic Discussion, University of Malaya berkesempatan mengunjungi Laboratorium Teknik Mesin yang dipandu oleh Drs. Sudarisman, M.S.Mechs., Ph.D. dan Dr. Ir. Harini Sosiati, M.Eng.