Sebagai salah satu pelaksanaan program Internasionalisasi yang telah dicanangkan oleh Universitas Muhahamdiyah Yogyakarta, pada Senin (5-6/12) Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II mengunjungi Universitas Tokushima di Jepang untuk menindaklanjuti kerjasama antar universitas dan kesepakatan pertukaran akademi. Berdasarkan ini, Fakultas Teknik UMY bermaksud untuk memperluas pertukaran mahasiswa (student exchange) ke belahan asia timur.

Kunjungan ini disambut baik oleh Dekan dari Universitas Tokushima, Profesor  Minoru Irahara M.D., Ph.D bersama jajarannya. Inisiasi kerjasama ini telah dimulai sejak Agustus 2015 dengan mengundang Professor Muto Yasunori dari Department of Civil and Environmental Engineering Tokushima University untuk memberikan kuliah di salah sessi pada kursus Disasster Management Summer School yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UMY. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Visiting Profesor di Program Studi Teknik Sipil pada semester berikutnya.

Pada hari pertama, Senin 5 Desdember 2016, setelah ramah tamah, diskusi kelembagaan dan saling menukar informasi, Petinggi Fakultas Teknik diberi kesempatan untuk memberikan Short Lecture dan diskusi pada bidang image processing, biomedical material – nanomaterials dan eruption dissaster of Merapi Mt kepada para mahasiswa Universitas Tokushima. Pada hari kedua, Selasa 6 Desember 2016, Profesor Yasuhiko Kawamura dan staf yang sesuai bidangnya mengajak petinggi FT UMY untuk melihat fasilitas Laboratorium di Departemen Elektro dan Teknik Elektronika, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, dan Departemen Teknik Mesin dan Material, sekaligus mendiskusikan peluang untuk dapat melakukan penelitian bersama dan juga peluang untuk mengadakan  Joint Conference  anatara Tokushima University, UMY dan salah satu universitas dari Korea.

Diskusi ini ditutup dengan direncakannya kegiatan Visiting Lecture Profesor dari Tokushima University untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Prodi Teknik Elektro di kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada semester genap 2016/2017 ini.