Pada hari Selasa, 15 Mei 2018, Wahyudi, Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, melaksanakan Ujian Terbuka Disertasi Program Doktor Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Ujian Terbuka ini dilaksanakan di Ruang Sidang Utama. Lt. II Gedung Mesin I Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Judul Disertasi yang disusun oleh Wahyudi adalah “Pemanfaatan Potensi Energi Polaritas Asam Lemak Untuk Perbaikan Sifat Fisika, Kimia dan Nilai Kalor Minyak Nabati.” Adapun yang menjadi pertimbangan Dosen Teknik Mesin UMY ini mengangkat pemanfaatan potensi energi polaritas asam lemak karena ketersediaan bahan bakar fosil semakin lama semakin menipis, sedangkan minyak nabati merupakan alternatif bahan bakar yang paling potensial.

Masalah utama yang terkait dengan penggunaan minyak nabati sebagai bahan bakar adalah tingginya viskositas, yang mempengaruhi kemudahan pengkabutan bahan bakar. Selain itu, Minyak Nabati memiliki nilai kalor yang rendah. Meskipun upaya perbaikan sifat minyak nabati telah banyak dilakukan, seperti pirolis, transesterifikasi dan pencampuran minyak diesel, kebanyakan upaya tersebut tidak memperhatikan struktur asam lemak minyak nabati.

Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam pengujian ini adalah mengukur komposisi asam lemak, pengujian pengaruh pemanasan pada struktur asam lemak, pengujian pengaruh polaritas pada perubahan komposisi asam lemak serta pengujian perubahan sifat campuran minyak nabati, melalui pengukuran densitas, viskositas dan nilai kalor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pencampuran minyak jarak dengan minyak kelapa menghasilkan perubahan komposisi asam lemak.

Penelitian ini sangat bermanfaat bagi pemanfaatan potensi energi dan tentunya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengucapkan selamat kepada Dr. Wahyudi, ST., MT atas pencapaian yang telah didapatkan, semoga pencapaian ini dapat terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas universitas serta perkembangan publikasi riset di bidang ilmu pengetahuan.