Pada hari Senin tanggal 9 April 2018, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerima Study Campus dari SMA Assalaam Sukaharjo di ruang Stadium General (SG) Gedung F1 Lantai 2 Fakultas Teknik UMY. Agenda Study Campus ini berlangsung pada pukul 12.00-14.00 WIB dan turut dihadiri oleh Ketua Program Studi Teknik Sipil, Dosen Teknik Sipil beserta beberapa anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) UMY.

Adapun tujuan Study Campus dari SMA Assalaam ini untuk memperkenalkan dan mempersiapkan diri siswa SMA Assalaam dalam memilih jurusan dan fakultas di perguruan tinggi, beserta menambah wawasan siswa SMA Assalaam tentang perkuliahan di Fakultas Teknik Sipil UMY. Siswa yang berkunjung ke Fakultas Teknik Sipil berjumlah 36 siswa beserta 4 guru pendamping.

Prof. Agus S. Muntohar, Ph.D selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa siswa Assalaam yang ingin lanjut studi di UMY khususnya di Prodi Teknik Sipil bisa mendapatkan beasiswa berprestasi melalui program Hafidz, karena misi Prodi Teknik Sipil adalah membangun bangsa dengan menanamkan nilai-nilai keislaman agar nantinya mental mahasiswa kuat dalam menghadapi perkembangan bangsa ini. Menurut Prof. Agus S. Muntohar, berkuliah di Perguruan Tinggi tidak hanya belajar tentang ilmu tetapi juga belajar tentang proses kehidupan dan bagaimana menjadi karakteristik yang bertanggung jawab karena real life berlaku setelah mahasiswa lulus dari Perguruan Tinggi nantinya.

Pak Joko selaku Pendamping siswa-siswa SMA Assalaam Sukharjo dalam kata sambutannya juga berharap bahwa Study Campus yang mereka lakukan bisa memudahkan para siswa dalam mencari jurusan yang sesuai dengan kriteria dan keinginan mereka. Setelah penyambutan yang berlangsung di ruang Stadium General, rombongan dari Assalaam di dampingi oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) UMY berkunjung ke laboratorium-laboratorium Program Studi Sipil UMY.