Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menyambut dengan hangat kunjungan kerjasama dari Universitas Langlangbuana (UNLA) Bandung, jumat (7/4) di ruang Amphiteater lantai 5 gedung KH Ibrahim. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan pertama dari UNLA sebulan sebelumnya. Fakultas Teknik UMY yang diwakili oleh Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik menindaklanjuti kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understading (MoU) dengan Universitas Langlangbuana Bandung yang diwakili oleh Dr.-Ing. M. Hendayun selaku Dekan FT UNLA.

Kedua Universitas ini sepakat menandatangani MoU dalam hal akademik, seperti peningkatan kualitas dan mutu pendidikan untuk menyiapkan masing-masing institusi agar menghasilkan lulusan yang inovatif dan kreatif yang mampu bersaing secara kompetitif di pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Disampaikan oleh Jazaul Ikhsan bahwa kerjasama ini adalah kesempatan yang baik untuk saling menguatkan satu sama lain dalam meningkatkan bidang akademik. “Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah berkolaborasi untuk saling menutupi kelemahan dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Dan dalam bidang pendidikan, kami berharap kerjasama ini mampu membantu memberikan saran-saran untuk Program Kreativitas Mahasiswa berdasarkan riview UMY selama ini.” Ujarnya

Sependapat dengan Jazaul Ikhsan, Dr.-Ing. M. Hendayun menyatakan bahwa kerjasama ini akan menjadi kekuatan yang baik untuk membangun bersama antar institusi sebagai poin yang sangat dibutuhkan untuk menyiapkan generasi dalam menghadapi MEA.

Dalam MoU yang ditandatangani oleh kedua institusi ini, kerjasama yang dijalin bertujuan untuk saling meningkatkan dan juga mengembangkan kualitas yang dimiliki. Dari kerjasama ini, diharapkan nantinya masing-masing pihak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, bangsa dan juga Negara. Serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada nota kesepahaman ini, kerja sama yang disepakati untuk dilakukan adalah dalam pengembangan kualitas akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat.