Pada hari Kamis, tanggal 30 November 2017, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bersama Kyoto University menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antar universitas. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Ruang Stadium General (SG) Gedung F1  Fakultas Teknik UMY dan dihadiri oleh perwakilan Kyoto University, Dekan Fakultas Teknik UMY, Sekretaris Prodi Teknik Sipil, Sekretaris Prodi Teknik Elektro dan beberapa perwakilan dosen serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

MoU ini merupakan kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Kyoto University tentang kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian keilmuan di Fakultas Teknik. Kerjasama ini juga meliputi pertukaran pelajar dan pertukaran staff serta dosen antara UMY dan Kyoto University. Tidak hanya melakukan kerjasama pertukaran pelajar, staff dan dosen, selanjutnya UMY bersama Kyoto University juga akan melaksanakan joint researh and meeting for research, public lecture, workshop dan juga agenda internasional lainnya.

Dekan Fakultas Teknik UMY Bapak Jazaul Ikhsan S.T., M.T., Ph.D juga menyampaikan bahwasanya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta siap mengirim para pelajar, staff dan dosen ke Kyoto University untuk agenda kedepannya. Pertukaran ini juga akan dilaksanakan setiap tahun dan akan berlangsung hingga 5 tahun kedepan, diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan pemahaman, keilmuan dan wawasan para pelajar, staff dan dosen UMY nantinya.

Professor Masaharu Fujita selaku perwakilan Kyoto University juga menyampaikan terimakasih banyak atas sambutan yang diberikan, dan berharap kerjasama antar perguruan tinggi ini dapat berjalan lancar kedepannya. Setelah penandatangan MoU di ruang Stadium General Fakultas Teknik UMY, Professor Masaharu Fujita juga menjadi International Guest Lecture untuk para mahasiswa-mahasiswi Fakultas Teknik UMY.