Pada hari Jum’at 13 Juli 2018, Program Studi Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan workshop Unsaturated Soil Mechanics and Slope Remedial Measures (UNSAT2018). Agenda workshop ini di selenggarakan di Ruang Sidang Pascasarjana Lantai 1 UMY.

Adapun tujuan dari penyelenggaran pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para insinyur ketika mengaplikasi mekanika tanah, menganalisis data, menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan tanah tak jenuh dan longsor.  Agenda pelatihan ini diberikan oleh para ahli unsaturated soils yang berasal dari Teknikal Geoteknik Laboratorium (AGL-UMY).

Agenda Workshop ini juga menghadiri dua pembicara dari Taiwan dan Thailand, yaitu Professor Hung Jiun Liao, Ph.D dari National Taiwan University of Science and Technology beserta Associate Professor Apiniti Jotisankasa, Ph.D yang berasal dari Kasetsart University. Adapun pembicara pada sesi ketiga disampaikan oleh Professor Agus Setyo Muntohar dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam agenda pelatihan tersebut, pada sesi pertama yang disampaikan oleh Professor Apiniti Jotisankasa, Ph.D para peserta workshop diberikan materi tentang unsaturated soil mechanics and the effective stress of concept,  Shear strength and deformation in unsaturated soils, laboratory testing and parameter determination.  Pada sesi kedua yang disampaikan oleh Professor Hung Jiun Liao, Ph.D dari National Taiwan University of Science and Technology para peserta diberikan materi tentang Slope remedial measures, Geo-Anchor dan Vegetion Protection.

Pada siang hari, dilanjutkan sesi ketiga Bersama Professor Agus Setyo Muntohar, Ph.D yang membahas tentang Seepage and moisture movement in unsaturated soils beserta Rainfall induced slope instability. Professor Agus Setyo Muntohar selaku Ketua Prodi Sipil juga mengucapkan terimakasih banyak kepada para pembicara yang berkenan hadir menyampaikan materi dan para peserta workshop yang berasal dari kota-kota lainnya.