Pada hari Selasa tanggal 3 April 2018, Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Make Young Generation to be Innovative, Creative, and Have Characters”. Agenda Seminar Nasional ini di selenggarakan di  Ruang Sidang Gedung E6 pada pukul 08.00-15.00 WIB dengan 235 peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta,  yaitu mahasiswa-mahasiwa UMY, UAD, UII, UNY dan universitas lainnya.

Seminar Nasional ini merupakan rangkaian agenda Electro Fair 2018, yang bertujuan untuk menambah wawasan energi terbarukan bagi para generasi muda, Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) selaku panitia dalam agenda Seminar Nasional ini juga menghadirkan beberapa pembicara untuk membagi ilmu serta pengalamannya kepada para peserta Seminar Nasional Elektro Fair 2018.

Adapun pembicara yang hadir dalam agenda Seminar Nasional Electro Fair 2018 adalah Harris, S.T., M.T selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (Kementerian ESDM), Wirawan selaku Kepala Divisi EBT PT. Pembangkit Jawa Bali (PT. PJB),  Priyatna Suryawijaya selaku Founder of I Care Indonesia dan CEO Privia Energy, serta Ridwan Aldilah selaku CMO Vert Capital Technology (Vertcaptech).

Pada agenda Seminar Nasional Electro Fair 2018, Pembicara pertama Harris, S.T., M.T menjelaskan tentang pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam penyedian energi nasional, bagaimana potensi dan implementasi EBT, regulasi EBT, serta peluang dan tantangan dalam pengembangan EBT. Sedangkan Wirawan selaku Kepala Divisi EBT di PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) menjelaskan sekilas tentang PJB dan penggerak utama dalam pengembangan energi terbarukan.

Founder of I care Indonesia dan CEO Privia Energy, Priyatna Suryawijaya juga menjelaskan tentang solusi EBT, energi laut, perkembangan EBT di Indonesia dan peran generasi muda serta memperkenalkan I care Indonesia kepada para peserta seminar. Selain itu, Ridwan Aldilah juga menjelaskan tentang Vert Capital Technology yang merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang berfokus dalam Energi Baru Terbarukan.

“Energi merupakan sumber yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan dan kualitas hidup. Karena itu, sumbangan energi terbarukan sangat dibutuhkan. Kami mengapresiasi sekali kegiatan ini, dan semoga bermanfaat bagi seluruh umat” Ujar Dekan Fakultas Teknik UMY, Jazaul Ikhsan Ph.D

Dekan Fakultas Teknik UMY, Jazaul Ikhsan juga menucapkan terimakasih skepada para pembicara atas kehadiran dan kesediannya membagi ilmu pengetahuan, serta kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini. Agenda Seminar Nasional Electro Fair 2018 ini juga dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, dan dalam kata sambutannya Rektor UMY juga menyampaikan “Jika anda ingin menguasai dunia, maka kuasailah energinya.”