Pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2018, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan acara Syawalan antar Karyawan dan Dosen Fakultas Teknik UMY beserta keluarganya. Acara Syawalan ini diselenggarakan di Ndalem Ngabean Resto Jl. Ngadisuryan, Kraton Yogyakarta, pada pukul 10.00 WIB-12.00 WIB.

Adapun agenda Syawalan atau silahturahmi antar keluarga besar Fakultas Teknik UMY ini terdiri dari prakata oleh Dekan Fakultas Teknik UMY, Jazaul Ikhsan., Ph.D., Tausiah oleh Chusnul Azhar, S.Pd.I., M.Pd.I dan Tausiah oleh Dr. Sukamta., S.T., M.T. Pada agenda ini juga para keluarga besar Fakultas Teknik UMY melakukan pengajian Bersama yang dipimpin oleh Rohmansyah, S.TH.I., M.Hum dan dilanjutkan dengan santap siang Bersama.

Tausiah pertama yang disampaikan oleh Chusnul Azhar, S.Pd.I., M.Pd.I adalah tentang berkah di bulan Syawal. Bahwasanya puasa Ramadhan dengan diikuti 6 hari puasa di bulan Syawal sama halnya dengan puasa setahun penuh. Chusnul Azhar juga menyampaikan bahwa kebiasaan baik dan positif di bulan Ramadhan harus terus ditingkatkan di bulan-bulan berikutnya.

Tausiah kedua disampaikan oleh Dr. Sukamta., S.T., M.T yang menjelaskan tentang pentingnya hubungan dan komunikasi antar keluarga. Menurut Dr. Sukamta bahwa kecantikan dan keindahan di luar tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan paras hati dan iman yang baik, oleh sebab itu, ketakwaan terhadap Allah SWT harus senantiasa ditingkatkan.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jazaul Ikhsan, Ph.D dalam acara Syawalan tahun ini juga menyampaikan progress yang telah dicapai oleh Fakultas Teknik UMY, meliputi akreditasi jurusan dan penambahan jurusan baru yaitu Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jazaul Ikhsan, Ph.D juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Karyawan, Dosen beserta keluarganya dalam agenda Syawalan Fakultas Teknik.